Minggu, 27 Januari 2013

SILABUS PERTANIAN



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: PERTANIAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
PKN
·         Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·     kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·       mendeskripsikan letak geografis Indonesia
·       menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
·       menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
·       Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
·       menyebutkan hasil laut
·       menyebutkan manfaat sungai
·         menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
·         Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
·         Menyebutkan manfaat sungai
·         Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
·         Mengidentifikasi hasil laut
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

3 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS

·         Memahami pentingnya semangat kerja
·     jenis pekerjaan dan penggunaan uang
·         menjelaskan pentingnya semangat kerja
·         menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·         menjelaskan alasan orang harus bekerja
·       Menjelaskan alasan orang harus bekerja
·       Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
·         Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
III.  IPA
4.     Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber

IPA

·         Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
·         Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
·         Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
·     cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
·         menyebutkan pengertian angin
·         menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·         menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·         membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·         menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·         menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
·         Menyebutkan pengertian angin
·         Menunjukkan pengertian angin
·         Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·         Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·         Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·         Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·         Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda



IV.  Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Matematika

·         Mengenal pecahan sederhana
·     pecahan sederhana
·         membuktikan pecahan 1/2, 1/4
·         Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
·         menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
·         membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
·         menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
·       membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
·         menyajikan nilai pecahan  dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
·         Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
·         Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
·         Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
·         Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
·         Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
·         Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
·         Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar



V.    Bahasa Indonesia
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia
·         Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·         Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
·         Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·         Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·      
·         mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
·         melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·         menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·         menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
·         membacakan bacaan agak panjang secara intensif
·         membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
·         menulis kalimat berita
·         memilih kalimat berita
·         menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·         menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
·         Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
·         Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·         Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·         Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
·         Membaca bacaan agak panjang secara intensif
·         Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
·         Menulis kalimat berita
·         Memilih kalimat berita
·         Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·         Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








Tidak ada komentar:

Posting Komentar