SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PERTANIAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
I. PKN 4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | PKN · Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan | · kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | · mendeskripsikan letak geografis Indonesia · menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya · menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya · Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang · menyebutkan hasil laut · menyebutkan manfaat sungai · menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia | · Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan · Menyebutkan manfaat sungai · Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia · Mengidentifikasi hasil laut | Teknik Tes o Tes dan non tes Bentuk Tes o Lisan : o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat o Ketepatan menjawab o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan o Tertulis : o Isian o Pilihan Ganda o Uraian o Tes perbuatan o Instrumen Tes o LKS o Lembar observasi | 3 minggu | o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan o Buku IPA o Buku Matematika o Buku Bahasa Indonesia o Buku IPS o Ensiklopedia o Kamus Bahasa Indonesia o Pedoman EYD o Koran dan Majalah o Media elektronik |
II. IPS 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang | IPS· Memahami pentingnya semangat kerja | · jenis pekerjaan dan penggunaan uang | · menjelaskan pentingnya semangat kerja · menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja · menjelaskan alasan orang harus bekerja | · Menjelaskan alasan orang harus bekerja · Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja · Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja | |||
III. IPA 4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber | IPA· Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak · Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya · Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari | · cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber | · menyebutkan pengertian angin · menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan · menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin · membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita · menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi · menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda | · Menyebutkan pengertian angin · Menunjukkan pengertian angin · Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan · Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin · Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita · Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi · Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda | |||
IV. Matematika 3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah | Matematika· Mengenal pecahan sederhana | · pecahan sederhana | · membuktikan pecahan 1/2, 1/4 · Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6 · menulis lambang pecahan 1/2, 1/4 · membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4 · menulis lambang pecahan 1/3, 1/6 · membaca lambang pecahan 1/3, 1/6 · menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar | · Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat · Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam · Menulis lambang pecahan setengah, seperempat · Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam · Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat · Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam · Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar | |||
V. Bahasa Indonesia 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan 6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita 7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi 8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi | Bahasa Indonesia · Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya · Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya · Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar · Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif. · Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik | · | · mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu · melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman · menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi · menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak · membacakan bacaan agak panjang secara intensif · membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar · menulis kalimat berita · memilih kalimat berita · menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan · menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan | · Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu · Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman · Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi · Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak · Membaca bacaan agak panjang secara intensif · Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar · Menulis kalimat berita · Memilih kalimat berita · Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan · Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan | |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
Bisnis saya sedang mengalami kesulitan keuangan hingga saya menemukan situs web perusahaan pinjaman Tn. Pedro. Saya menghubungi mereka melalui email dan WhatsApp dan mereka menawarkan pinjaman sebesar 86.000,00 Poundsterling dengan pengembalian tahunan 2% untuk membantu mengembangkan bisnis saya. Prosesnya transparan dan efisien, dan saya berterima kasih atas profesionalisme mereka. Saya sangat merekomendasikan mereka sebagai pemberi pinjaman yang andal. Hubungi mereka di pedroloanss@gmail.com atau whatsapp +393510140339. Terima kasih.
BalasHapus