Minggu, 31 Maret 2013

PERAHU WISATA

PERLOMBAAN PERAHU WISATA 

Perlombaan Perahu Wisata Tradisional 2010 dengan Tema “Melalui Perlombaan Perahu Wisata Tradisional 2010, Kita Bangun Kesadaran Masyarakat untuk Melestarikan Khasanah Budaya Ac


eh dalam rangka Mempromosikan Aceh sebagai Daerah Tujuan Wisata Unggulan” merupakan salah satu event atau atraksi wisata dalam rangka membangun kesadaran dan motivasi generasi muda Aceh untuk mempromosikan keunggulan dan daya tarik pariwisata daerah. Atraksi Lomba Perahu Wisata Tradisional 2010 dengan sumber dana APBN Dekonsentrasi T. A. 2010 akan diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Barat pada tanggal 17 s.d 19 September 2010 di Kawasan Wisata Air Geunang Geudong, Desa Putim Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat. 
Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan kembali olah raga rakyat yang selama ini telah hilang, mempromosikan Kabupaten Aceh Barat sebagai daerah tujuan wisata budaya dan sejarah, sekaligus mensukseskan HUT Aceh Barat ke – 65. Output yang ingin dicapai melalui Perlombaan Perahu Wisata Tradisional 2010 yang akan diikuti oleh peserta dari 23 kabupaten/kota se Aceh adalah terlaksananya hiburan rakyat melalui Perlombaan Perahu Tradisional yang berbasis pada masyarakat sebagai atraksi budaya dalam rangka menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri ke Aceh umumnya dan Kabupaten Aceh Barat khususnya. Untuk mendukung keberhasilan Atraksi Lomba Perahu Wisata Tradisional 2010, masing-masing Kab/Kota diminta mengirim 5 (lima) orang peserta lomba perahu tradisional dengan persyaratan/kriteria: Laki-laki usia 20 s.d. 30 Tahun, Sehat Jasmani dan Rohani (berbadan sehat dan tidak cacat fisik) dan penduduk asli daerah setempat. 

Atraksi Lomba Perahu Wisata Tradisional 2010 tidak semata-mata sebagai sebuah kegiatan yang bersifat kompetisi murni, melainkan sebuah atraksi budaya yang diharapkan dapat menciptakan hiburan dan rekreasi bagi masyarakat, sekaligus menjadi semangat untuk melestarikan atraksi lomba perahu sebagai olah raga rakyat di Kabupaten Aceh Barat. Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sangat diharapkan partisipasinya untuk mendukung keberhasilan Atraksi Lomba Perahu Wisata Tradisional 2010 yang akan dilaksanakan di Kawasan Wisata Air Geunang Geudong, sekaligus didukung dengan berbagai atraksi daerah lainnya. 

Selama penyelenggaraan Lomba Perahu Wisata Tradisional 2010, seluruh peserta lomba perahu dari berbagai daerah diharapkan dapat mengikuti seluruh tahapan kegiatan melalui prinsip “fair competation” dan dapat menjaga nama baik daerah masing-masing. Selama penyelenggaraan kegiatan ini tidak mengenal istilah “kalah dan menang”, namun sebaliknya yang menang adalah mereka yang mampu memberikan kontribusi terbaik bagi daerah mereka, sekaligus dapat berpartisipasi aktif dalam rangka menciptakan persahabatan, perdamaian antar daerah dan keberhasilan Atraksi Lomba Perahu Wisata Tradisional 2010, sekaligus mendukung mempromosikan pariwisata Aceh melalui Slogan Pariwisata Nasional “Visit Indonesia 2010”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar