Minggu, 31 Maret 2013

CANDI GEDONG SONGO

WISATA ALAM DAN BUDAYA DI CANDI 
GEDONG SONGO 

Candi gedong songo terletak di Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Berlokasi di daerah pegunungan yang asri, candi gedong songo menjadi tujuan wisata pegunungan dan budaya di sekitar Kab
upaten Semarang. Perjalanan WISATA menuju Candi Gedong Songo dapat dimulai dari Yogyakarta. Jika naik kendaraan umun dapat ditempuh sekitar 2,5 jam dengan angkutan umum seperti bis jurusan Jogja - Semarang. Atau jika ingin lebih cepat dapat naik bus patas Nusantara atau bus patas Joglosemar. Dengan bus patas, perjalanam ke Candi Gedong Songo dapat ditempuh selama 2 jam. Sesampai di Gedong Songo pengunjung dapat beristirahat sejenak untuk makan di sekitar lokasi sambaing menghilangkan kelelahan selama perjalanan. Setelah itu dapat segera nikmati indahnya pemandangan alam Candi Gedong Songo dan alamnya yang asri.
Kriteria Desa Wisata 

Pada pendekatan ini diperlukan beberapa kriteria yaitu : 
  1. Atraksi wisata; yaitu semua yang mencakup alam, budaya dan hasil ciptaan manusia. Atraksi yang dipilih adalah yang paling menarik dan atraktif di desa. 
  2. Jarak Tempuh; adalah jarak tempuh dari kawasan wisata terutama tempat tinggal wisatawan dan juga jarak tempuh dari ibukota provinsi dan jarak dari ibukota kabupaten. 
  3. Besaran Desa; menyangkut masalah-masalah jumlah rumah, jumlah penduduk, karakteristik dan luas wilayah desa. Kriteria ini berkaitan dengan daya dukung kepariwisataan pada suatu desa. 
  4. Sistem Kepercayaan dan kemasyarakatan; merupakan aspek penting mengingat adanya aturan-aturan yang khusus pada komunitas sebuah desa. Perlu dipertimbangkan adalah agama yang menjadi mayoritas dan sistem kemasyarakatan yang ada. 
  5. Ketersediaan infrastruktur; meliputi fasilitas dan pelayanan transportasi, fasilitas listrik, air bersih, drainase, telepon dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar