Minggu, 31 Maret 2013

RUMAH ADAT DESA MONI

Upacara Larung sesaji yang biasa dilakukan di telaga Ngebel, dinobatkan sebagai pemenang Anugerah wisata budaya Jawa Timur tahun 2010. Budaya sebagai ekspresi dan kristalisasi watak masyarakat Ponorgo, memang harus dipelihara dan dilestarikan. Dalam beberapa hal tradisi grebeg Suro, yang beberapa minggu lagi, akan segera di selenggarakan di Ponorogo, disambut hangat oleh setiap elemen masyarakat.

Desa Moni adalah desa yang sangat cantik menjadi gerbang wisatawan untuk menuju Kelimutu, terletak sekitar 47 km dari ibu kota Ende. Desa Moni memiliki b

eberapa penginapan sederhana , pasar tradisional yang ramai yang mana masih terdapat transaksi penjualan dengan cara barter,tenun Ikat yang sangat indah dan Tarian-tarian serta keindahan alam Gunung Kelimutu yang sangat terkenal. Desa Moni memiliki rumah adat yang sangat unik dan sering diadakan acara kultural dan sering menjadi daya tarik turis manca negara, juga terdapat air terjun yang sangat nyaman untuk direnangi karena berbentuk kolam yang cukup besar di bawahnya. Desa Moni juga memiliki Hot spring tradisional dengan mandi terpisah antara pria dan wanita di Desa Moni juga terdapat kamar-kamar penginapan sederhana juga tersedia di Moni Harga permalamnya hanya 150-200 ribuan saja. Meski sederhana, kamar-kamar ini bersih. Fasilitas mandinya cukup modern, juga tersedia restaurant - restaurant masakan Eropa dan China yang dapat disantap sambil menikmati keindahan panoramanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar