Jumat, 29 Maret 2013

Pembangunan Pertanian


Tujuan Instruksional Umum 

Pembahasan pembangunan pertanian dimaksudkan agar para mahasiswa dapat memahami betapa pentingnya peranan pembangunan pertanian bagi negara yang sedang berkembang. 
Tujuan Instruksional Khusus 

Tujuan dari pembahasan materi ini dimaksudkan agar mahasiwa dapat memahami dan menjelaskan peranan dari sektor pembangunan bagi negara yang sedang berkembang. 

PERANAN SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI 

Peranan sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi sangat penting karena sebagian besar anggota masyarakat di negara-negara miskin menggantungkan hidupnya pada sektor tersebut. Para petani di negara-negara sedang berkembang tidak hanya berproduksi untuk kebutuhan mereka saja, mereka juga berproduksi untuk memenuhi kebutuhan perkotaan. Jika pangsa ( share ) penduduk perkotaan terhadap penduduk keseluruhan meningkat, maka produktivitas para petani pun harus meningkat. 

Sektor pertanian juga dapat merupakan sumber modal yang utama bagi pertumbuhan ekonomi yang modern. Modal berasal dari tabungan yang diinvestasikan dan tabungan berasal dari pendapatan. Di negara-negara yang paling miskin, pangsa pendapatan pertanian terhadap produk nasional mencapai 50 persen. Berarti separuh atau lebih dari produk nasional disumbangkan oleh sektor non-pertanian, terutama industri dan perdagangan ( jasa-jasa ), dan sektor-sektor ini merupakan penyumbang penting bagi tabungan yang akhirnya digunakan untuk investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar